Kompetensi guru dalam mengajar di kelas ternyata masih rendah, karena kurangnya persiapan perangkat pembelajaran sebelum masuk ke kelas dan adanya pola pikir konvensional. Penelitian tindakan sekolah ini dilakukan dengan tujuan meningkatkan kompetensi guru dalam proses pembelajaran di Sekolah Dasar melalui penerapan supervisi akademik. Subjek penelitian melibatkan 12 guru SD. Penelitian dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi/evaluasi, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui observasi dan dianalisis menggunakan metode statistik deskriptif. Hasil analisis data menunjukkan peningkatan signifikan dalam kompetensi guru dalam proses pembelajaran. Pada prasiklus, tingkat kompetensi guru sebesar 65,19%, tergolong cukup. Pada siklus I, meningkat menjadi 68,06%, juga tergolong cukup. Namun, pada siklus II, terjadi peningkatan yang lebih baik, mencapai 78,06%, yang tergolong baik. Dari peningkatan ini dapat disimpulkan bahwa penerapan supervisi akademik efektif dalam meningkatkan kompetensi guru di SD. Supervisi akademik membantu guru-guru untuk meningkatkan kompetensi pedagogik mereka.
Copyrights © 2023