Dalam menjalani proses pembelajaran siswa memerlukan bantuan dan bimbingan orang lain. Para guru dalam semua ajaran yang diberikan secara efektif tersirat suatu bentuk bimbingan. Bimbingan serta arahan guru secara tidak langsung berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa di sekolah. Prestasi belajar siswa di SD tarbiyah islamiyah masih tergolong rendah, hal ini dapat dilihat dari hasil ulangan siswa khususnya di kelas V. Prestasi belajar siswa harus ditingkatkan supaya hasil belajar dapat tercapai sesuai dengan yang diharapkan, sebab prestasi belajar merupakan permasalahan yang banyak menimpa siswa di sekolah pada umumnya. Salah satunya adalah dengan memberikan bimbingan dan konseling kepada siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan ada tidaknya pengaruh bimbingan belajar dan pembelajaran konseling terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas V SD Tarbiyah Islamiyah 2023. Penelitain ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh atau hubungan antara variabel Bimbingan dan Konseling Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V SD Tarbiyah Islamiyah. Melalui penelitian ini di dapatkan hasil bahwa ada pengaruh yang signifikan antara bimbingan dan konseling belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas V SD Tarbiyah Islamiyah Tahun 2023. Besar pengaruh antara bimbingan dan konseling belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas V SD Tarbiyah Islamiyah adalah 0,013 < 0,05. Jadi Ho ditolak dan Ha diterima. Pada taraf kesalahan 5%.
Copyrights © 2023