Jurnal Basicedu
Vol. 8 No. 1 (2024)

Meningkatkan Rendahnya Minat Belajar Siswa pada Muatan IPA melalui Model Belajar Berdiferensiasi di Kelas VI Sekolah Dasar

Ariani, Farida (Unknown)
Wahyuni, Dian Eka Mayasari Sri (Unknown)
Susanti, Baiq Indah (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Jan 2024

Abstract

Penelitian ini dilakukan guna meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui metode diferensiasi. Metode Penelitian Tindakan kelas yang dilaksanakan menggunakan 2 siklus dipilih dalam penelitian ini. Tahapan dalam penelitian ini, yakni : perencanaan, observasi, pelaksanaan dan refleksi.  Lokasi penelitian di SDN 2 Ketangga Jeraeng kelas VI dengan 23 orang peserta didik. Hasil penelitian diperoleh pada siklus 1 jumlah peserta didik yang mencapai KKM adalah sebesar 66,67 % atau sebanyak 18 orang dari 23 peserta didik. Pada siklus 2 jumlah peserta didik yang mencapai KKM adalah sebesar 91,30% atau sebanyak 21 orang dari 23 peserta didik. Artinya terjadi peningkatan hasil belajar dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar 13,04%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berdifirensiasi mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik, karena model ini lebih menekankan pada keaktifan peserta didik

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Basicedu merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendididkan dibawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masayarakat (LPPM) Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Jurnal Basicedu sudah memiliki p-ISSN 2580-3735 dan versi online e-ISSN ...