Jurnal Basicedu
Vol. 8 No. 1 (2024)

Penerapan Modul Ajar Matematika Berbasis Etnomatematika Kearifan Lokal Tradisi Nyadran Sidoarjo

Fatmawati, Ira (Unknown)
Umi Hanik (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Mar 2024

Abstract

Kurangnya pengetahuan siswa kelas IV tentang tradisi Nyadran Sidaorjo, tradisi yang masih dilaksanakan dan sangat dekat dengan ligkungan siswa menjadi urgensi oleh seluruh pihak salah satunya oleh guru. Pengembangan modul ajar yang mengintegrasikan kearifan lokal tradisi Nyadran menjadi tujuan penelitian pengembangan ini. Selain itu, untuk mengetahui validitas dan keefektifan modul ajar matematika kurikulum merdeka yang dikembangkan. Pengembangan modul ajar kurikulum merdeka menggunakan model 4D dengan 4 tahapan yaitu, define, design, development, dan dessiminate. Berdasarkan validasi ahli desain perangkat pembelajaran (79,31%), ahli materi (79,61%), ahli bahasa (85,41%), dan praktisi (81,81%) telah valid. Keefektifan modul pengajaran diperoleh dari hasil belajar siswa dan aktivitas guru siswa. Ketuntasan belajar klasikal menunjukkan ketuntasan, aktivitas guru dan siswa menunjukkan sangat aktif. Berdasarkan hasil penelitian modul pembelajaran matematika berbasis etnomatematika kearifan lokal tradisi Nyadran Sidoaro dikatakan valid dan efektif sehingga dapat digunakan oleh siswa kelas IV SDN Candi Sidoarjo. Diperoleh pula hasil pemetaan materi yang dapat diintegrasikan pada modul ajar matematika. Dengan demikian, modul ajar matematika dengan integrasi kearifan lokal tradisi Nyadran Sidoarjo dapat digunakan sebagai pembelajaran untuk menambah pengetahuan siswa mengenai kearifan lokal daerahnya

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Basicedu merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendididkan dibawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masayarakat (LPPM) Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Jurnal Basicedu sudah memiliki p-ISSN 2580-3735 dan versi online e-ISSN ...