Jurnal Basicedu
Vol. 8 No. 2 (2024)

Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Perkalian Pecahan di Kelas 3 Sekolah Dasar

Lestari, Nova Hermina (Unknown)
Lapasere, Sisriawan Lapasere (Unknown)
Rizal, Rizal (Unknown)
Surahman, Surahman (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Apr 2024

Abstract

Pendidikan yaitu upaya yang disadari serta direncanakan untuk membentuk suatu kelompok belajar dalam kegiatan pembelajaran yang menyebabkan siswa lebih aktif dalam mengembangkan kemampuan diri mereka dalam hal keagamaan, mengendalikan diri, kecerdasan, sifat baik bahkan kompeten yang diperlukan individu, bangsa maupun negara. Penelitian ini memiliki tujuan yaitu melihat apakah model discovery learning berpengaruh untuk hasil belajar khususnya dimateri perkalian pecahan di kelas 3 SD Inpres 1 Tolai. Jenis penelitian yang diterapkan adalah quasy-eksperimen. Desain pre-test and post-test with non-equivalen control-grup. Adapun sampel yang dipakai pada penelitian yakni siswa kelas 3A selaku kelas eksperimen (n = 20) dan kelas 3B selaku kelas kontrol (n = 20). Pengambilan sampel yang dilakukan dengan teknik sampling jenuh. Untuk melakukan pengujian data hasil belajar digunakan uji independent sample t-test dengan menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Sehingga hasil analisis data, sehingga dihasilkan rata-rata kelas eksperimen yaitu 83,5 dan rata-rata kelas kontrol 71,5. Berdasarkan uji hipotesis memakai uji independent sample t-test dihasilkan Sig. 0,004 < 0,05 dengan taraf signifikansi ? = 0,05, dapat dikatakan hipotesis diterima dan disimpulkan bahwa model discovery learning berpengaruh terhadap hasil belajar dimateri perkalian pecahan di kelas 3 SD Inpres 1 Tolai

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Basicedu merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendididkan dibawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masayarakat (LPPM) Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Jurnal Basicedu sudah memiliki p-ISSN 2580-3735 dan versi online e-ISSN ...