Jurnal Basicedu
Vol. 8 No. 2 (2024)

Pengembangan Media Beruang Berbasis Augmented Reality untuk Kelas 5 Sekolah Dasar

Fajariyah, Nurul (Unknown)
Hanik, Umi (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 May 2024

Abstract

Konsep geometri bangun ruang dalam pembelajaran matematika memiliki kedudukan yang penting. Penelitian yang bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran “BERUANG” berbasis augmented reality yang layak untuk peserta didik kelas V sekolah dasar yang ditinjau dari kriteria kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan Sugiyono. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, observasi, angket, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan perolehan persentase dari masing-masing validator ahli sebesar: 1) 72,5% untuk ahli desain pembelajaran dengan kriteria valid, 2) 93,33% untuk ahli media pembelajaran dengan kriteria sangat valid, dan 3) 82,5% untuk ahli materi dengan kriteria sangat valid. Hasil keefektifan ditinjau dari: 1) observasi aktivitas guru sebesar 95,84% berada pada kriteria sangat aktif, 2) observasi aktivitas siswa sebesar 97,55% berada pada kriteria sangat aktif, dan 3) ketuntasan belajar secara klasikal 87,5%. Hasil tinjauan keefektifan diperoleh kesimpulan bahwa media pembelajaran BERUANG efektif. Hasil tinjauan kepraktisan dari angket respon guru dan siswa memperoleh persentase masing-masing sebesar 100% dan 93,75% dengan kriteria sangat praktis. Hasil penelitian menujukkan media pembelajaran BERUANG berbasis augmented reality valid, efektif, dan praktis digunakan pada materi bangun ruang untuk kelas V sekolah dasar

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Basicedu merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendididkan dibawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masayarakat (LPPM) Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Jurnal Basicedu sudah memiliki p-ISSN 2580-3735 dan versi online e-ISSN ...