Pembelajaran perlu disesuaikan dengan karakteristik dan kreativitas siswa sehingga perlu adanya dorongan dari perencanaan pembelajaran. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik menggunakan model pembelajaran PjBL pada mata pelajaran matematika, khususnya pada topik bangun ruang. Metode penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari tiga siklus. Instrument dalam penelitian ini, yaitu lembar soal pretest posttest dan perangkat pembelajaran dengan model pembelajaran project-based learning (PjBL). Subjek penelitian terdiri dari kelas VI SDN Ngesrep 03 tahun ajaran 2023/2024 berjumlah 26 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu Teknik tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa presentase hasil rata-rata pretest 73% menjadi posttets 77% pada siklus I, pretest 81% menjadi posttest 85% pada siklus II dan pretest 88% menjadi posttest 92% pada siklus III. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa model pembelajaran project-based learning (PjBL) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi bangun ruang terlihat dari selisih setiap siklus PTK terdapat peningkatan
Copyrights © 2024