Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series
Vol 5 (2022): Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series (Special Issue 2

Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Siswa Kelas 4 SD

Budianto Budianto (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas 4 SDN 07 Setawar Kecamatan Sekadau Hulu Kabupaten Sekadau dengan model Problem Based Learning. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak dua siklus. Subjek penelitian ini siswa kelas 4 berjumblah 10 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes. Teknik analisis data menggunakan deskriptif komparatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran matematika materi bangun datar. Hasil sebelum dilakukan tindakan yaitu pada pra siklus hanya 7 siswa atau 70% yang tuntas, pada siklus I 80%yang tuntas dan pada siklus II 90% siswa tuntas. Penelitian ini dikatakan berhasil karena mencapai indikator kinerja yaitu ≥ 90% dari seluruh siswa dengan KKM ≥ 80.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

SHES

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series is a peer-reviewed interdisciplinary journal with broad coverage, consolidate basic and applied research activities by publishing the proceedings of the conference in all areas of the social sciences, humanities and ...