Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series
Vol 7, No 2 (2024): Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series

Tantangan Guru Biologi Sekolah Menengah Atas pada Topik Kardiovaskular: Studi di Sidoarjo

Hebert Adrianto (Universitas Ciputra Surabaya)
Ian Ardhiya Firmanto (Universitas Ciputra Surabaya)
Bracovanca Diwayestara Bravimasta (Universitas Ciputra Surabaya)



Article Info

Publish Date
05 Jun 2024

Abstract

Kemampuan siswa menganalisis keterkaitan struktur organ, fungsi organ, kelainan atau gangguan yang muncul pada sistem organ menjadi bekal mahasiswa kedokteran tahun pertama di kuliah dan kelas Problem Based Learning (PBL) namun juga menjadi tantangan untuk guru.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tantangan yang dihadapi oleh guru biologi di Sidoarjo dalam pelaksanaan pembelajaran biologi topik kardiovaskular. Penelitian ini merupakan penelitian observasional cross sectional. Responden adalah guru biologi SMA/MA di Sidoarjo. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner tertutup dan terbuka. Prosedur analisis data adalah pengumpulan data, kuantifikasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil didapatkan persentase guru menilai topik kardiovaskular mudah (4%), sedang (68%), dan sulit (28%). Dominan guru berlatar belakang jurusan S-1 Biologi (70%). Sebagian besar guru pernah kesulitan ketika menyampaikan materi kardiovaskular (90%) dan menjawab pertanyaan siswa (88%) dengan dominan bentuk pertanyaan tentang penyakit (24%). Guru paling banyak menggunakan ceramah sebagai metode pembelajaran (44%). Sebagian besar guru memilih tes golongan darah sebagai praktikum kardiovaskular (30%). Data ini menjadi referensi dasar untuk penelitian pendidikan kedokteran kaitannya dengan kualitas prior knowledge dari input mahasiswa baru jurusan kedokteran, selain itu sebagai dasar program pengabdian masyarakat kepada guru.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

SHES

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series is a peer-reviewed interdisciplinary journal with broad coverage, consolidate basic and applied research activities by publishing the proceedings of the conference in all areas of the social sciences, humanities and ...