RABIT: Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi Univrab
Vol 9 No 1 (2024): Januari

PENGEMBANGAN GAMIFIKASI PADA PELAJARAN MATEMATIKA SD DENGAN METODE ADDIE UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA

Haykal Syuhada (Universitas Islam Indonesia)
Syarif Hidayat (Universitas Islam Indonesia)
Sri Mulyati (Universitas Islam Indonesia)
Andhika Giri Persada (Universitas Islam Indonesia)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2023

Abstract

rata-rata matematika di Indonesia hanya mencapai 379 dari skor rata-rata OECD yakni 487. Kurangnya minat pada pelajaran matematika membuat anak menjadi malas untuk belajar matematika sehingga berdampak terhadap prestasi belajarnya. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah menerapkan gamifikasi sebagai media ajar pelajaran matematika SD guna meningkatkan minat belajar siswa. Dalam pengembangannya metode yang digunakan adalah model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Media pembelajaran dirancang dengan menerapkan elemen gamifikasi berupa poin, tantangan, dan tekanan waktu. Implementasi media ajar ini menunjukkan hasil bahwa gamifikasi meningkatkan minat siswa dalam belajar matematika dengan membuat pengalaman belajar interaktif dan menyenangkan. Evaluasi yang dilakukan dengan metode SUS dan mendapatkan hasil pengujian dengan skor 82,9545, mengindikasikan tingkat kepuasan dan kegunaan yang tinggi. Kesimpulannya, penerapan gamifikasi berpotensi menjadi solusi untuk meningkatkan minat siswa dalam belajar matematika.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

rabit

Publisher

Subject

Computer Science & IT Engineering

Description

This journal is called RABIT, where the name comes from two words namely, RAB which means Abdurrab University and IT which means information technology, it can be interpreted as a journal of this journal Journal of Informatics Engineering Study Program Pekanbaru Abdurrab University. This RABIT ...