Kurikulum Merdeka merupakan struktur kurikulum yang disusun untuk mendukung pelaksanaan pembelajaran paradigma baru yang bertujuan untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang inklusif, interaktif, dan relevan bagi siswa. Kabupaten Seram Bagian Barat adalah salah satu daerah yang membutuhkan perubahan dalam sistem pendidikan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Tujuan kegiatan pengabdian yaitu meningkatkan kualitas pembelajaran dengan melibatkan Guru di Kabupaten Seram Bagian Barat dengan pembelajaran inovatif dalam implementasi kurikulum merdeka. Kegiatan pengabdian dimulai dengan persiapan yang matang, termasuk koordinasi dengan pihak terkait dan studi pendahuluan tentang kondisi pendidikan di wilayah tersebut. Selama tahap pelaksanaan, guru-guru terlibat aktif dalam berbagai kegiatan seperti diskusi, simulasi pembelajaran. Mereka juga dibimbing dalam pengembangan materi pembelajaran yang sesuai dengan Kurikulum Merdeka. Materi ini dirancang untuk mempromosikan pemahaman mendalam, keterampilan berpikir kritis, dan nilai-nilai kehidupan yang relevan dengan konteks lokal. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa kegiatan pengabdian ini memberikan dampak positif yang nyata. Sebagian besar indikator evaluasi, seperti kesiapan tim pengabdian, kesesuaian materi dengan kebutuhan pendidikan, kebermanfaatan kegiatan, dan kepuasan peserta, menunjukkan kategori "Sangat Baik" dengan persentase 91.5%. Hal ini mengindikasikan bahwa implementasi Kurikulum Merdeka dalam pembelajaran inovatif telah berhasil mencapai tujuannya
Copyrights © 2024