Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika
Vol. 4 No. 1 (2024): Januari - Juni 2024

Penerapan Metode Pembelajaran Diskusi Kelompok untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa SMP Di Era Merdeka Belajar

Lestari, Sabrina (Unknown)
Hamimi, Lia (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jun 2024

Abstract

Rumusan masalah yang diteliti terletak pada buruknya hasil belajar siswa ketika pembelajaran matematika menggunakan materi lingkaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi lingkaran dengan menggunakan metode diskusi kelompok. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan berdasarkan desain eksperimen. Desain eksperimen yang digunakan adalah One Group Pretest-Postest type Pre-eksperimental Design. Sampel yang digunakan terdiri dari 14 orang siswa kelas VIII-C SMPN 1 Susoh. Data yang dikumpulkan menggunakan alat tes. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan Uji Wilcoxon. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar siswa pada materi lingkaran, dengan rata-rata skor sebelum dan sesudah tes sebesar 27.50 dan 48.14 poin. Berdasarkan hasil perhitungan uji Wilcoxon disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan prestasi akademik siswa Kelas VIII-C SMPN 1 Susoh.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

kognitif

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Library & Information Science Mathematics Social Sciences Other

Description

Tujuan dari jurnal ini adalah untuk mempublikasikan penelitian berkualitas tinggi di bidang pendidikan matematika yang berkaitan dengan Higher Order Thinking Skills (HOTS) termasuk berpikir kritis, berpikir kreatif, penalaran matematis, pemahaman matematis, dll. Kami juga meneima riset tentang ...