Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika
Vol. 4 No. 1 (2024): Januari - Juni 2024

Analisis Tingkat Mathematics Anxiety dan Tingkat Self-Efficacy terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP

Samuel Wuisan (Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Kebumian, Universitas Negeri Manado)
Philoteus E. A. Tuerah (Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam dan Kebumian, Universitas Negeri Manado)
Anetha L. F. Tilaar (Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam dan Kebumian, Universitas Negeri Manado)



Article Info

Publish Date
18 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh tingkat mathematics anxiety terhadap prestasi belajar matematika siswa dan untuk mengidentifikasi pengaruh tingkat self-efficacy terhadap prestasi belajar matematika siswa serta untuk mengidentifikasi pengaruh tingkat mathematics anxiety dan tingkat self-efficacy secara simultan terhadap prestasi belajar matematika siswa di SMP Negeri 2 Tondano. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan instrumen kuesioner untuk variabel bebas yaitu mathematics anxiety dan self-efficacy dan data nilai rapor siswa untuk prestasi belajar matematika siswa. Populasi penelitian meliputi seluruh siswa kelas reguler di SMP Negeri 2 Tondano. Teknik penarikan sampel menggunakan stratified random sampling yang menghasilkan sampel sebanyak 137 siswa. Data dianalisis menggunakan analisis regresi linear sederhana dan berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) tingkat mathematics anxiety berpengaruh signifikan secara negatif terhadap prestasi belajar matematika siswa; (2) tingkat self-efficacy berpengaruh signifikan secara positif terhadap prestasi belajar matematika; (3) secara simultan tingkat mathematics anxiety dan tingkat self-efficacy berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar matematika siswa. Berdasarkan hasil tersebut perlu untuk menekan tingkat mathematics anxiety dan meningkatkan self-efficacy untuk dapat memperoleh prestasi belajar matematika siswa yang lebih maksimal.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

kognitif

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Library & Information Science Mathematics Social Sciences Other

Description

Tujuan dari jurnal ini adalah untuk mempublikasikan penelitian berkualitas tinggi di bidang pendidikan matematika yang berkaitan dengan Higher Order Thinking Skills (HOTS) termasuk berpikir kritis, berpikir kreatif, penalaran matematis, pemahaman matematis, dll. Kami juga meneima riset tentang ...