Sektor pertanian merupakan peranan penting dalam mendukung kebutuhan pangan masyarakat. Kemajuan teknologi memiliki peranan inovasi dalam dunia pertanian, salah satunya yaitu hidroponik. Hidroponik dapat dijadikan alternatif budidaya pertanian dengan kondisi lahan yang sempit atau tidak memadai. RB Farm Group merupakan bisnis fokus pada usaha hidroponik, namun memiliki permasalahan dalam mengurangi sisa produksi karena penyerapan konsumen yang kurang. Hal ini disebabkan belum adanya penerapan digital marketing untuk mendukung bisnisnya. Solusi yang ditawarkan, salah satunya adalah membuat platform sosial media Instagram yang digunakan untuk menyelesaikan permasalahan mitra. Hasil evaluasi dari kegiatan ini ditemukan bahwa penerapan sosial media Instagram membantu RB Farm Group dalam meningkatkan pangsa pasarnya sekaligus mengurangi sisa produksi yang tidak terserap oleh konsumen hingga 3% per bulan produksi. Kesimpulannya adalah bahwa penerapan digital marketing di zaman sekarang merupakan sarana yang wajib dilakukan oleh pelaku usaha untuk meningkatkan daya saing usahanya.
Copyrights © 2024