Abstrak Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kontribusi fanatisme terhadap perilaku konsumtif pada NCTZEN Indonesia. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif korelasional. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 265 orang penggemar NCT yang berusia 15-25 tahun dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala likert yang disusun berdasarkan aspek-aspek dari Engel, Blackwell, & Miniard untuk perilaku konsumtif dan Thorne & Bruner untuk fanatisme. Analisis data yang digunakan adalah regresi linear sederhana dengan bantuan SPSS 25 for windows. Hasil penelitian ditemukan F = 52,997 dengan P = 0,000 (p<0,05) yang menunjukan adanya kontribusi fanatisme terhadap perilaku konsumtif pada NCTZEN Indonesia. Sedangkan secara simultan diperoleh bahwa fanatisme berkontribusi secara positif dalam pembentukan perilaku konsumtif dengan nilai R2 sebesar 0,168. Artinya besar kontribusi fanatisme terhadap perilaku konsumtif sebesar 16,8%.
Copyrights © 2023