Edu Sociata : Jurnal Pendidikan Sosiologi
Vol 7 No 1 (2024): Edu Sociata : Jurnal Pendidikan Sosiologi

Peningkatan Pemahaman Terhadap Isi Bacaan Melalui Penggunaan Media “PUPA” Siswa Kelas 3 MIN 3 Batukaropa Kabupaten Bulukumba

Madjid, Tahmid (Unknown)
Humairah, Andi Eliyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Jun 2024

Abstract

“PUPA” adalah akronim dari Puzzle Paragraf. Media “PUPA” merupakan media pembelajaran yang berupa puzzle, berisi beberapa paragraf yang acak dan akan menjadi satu kesatuan bacaan yang utuh setelah diurutkan dengan tepat. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman terhadap isi teks bacaan siswa kelas 3 MIN 3 Batukaropa Kabupaten Bulukumba dengan menggunakan media “PUPA”. Melalui penggunaan media “PUPA” ini, diharapkan dapat membantu siswa dalam memahami isi teks bacaan yang dirangkainya sendiri dari paragraf-paragraf yang acak, sehingga siswa dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan berdasarkan isi teks bacaan tersebut dengan tepat pula. sasaran dalam penelitian ini adalah siswa kelas 3 di MIN 3 Batukaropa Bulukuimba. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang berlangsung dua siklus. Rancangan masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes dan observasi, dengan instrumen berupa soal tes dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media “PUPA” dapat meningkatkan pemahaman terhadap isi teks bacaan dalam proses pembelajaran. Peningkatan ini dibuktikan dengan nilai rata-rata hasil tes membaca pemahaman pada pratindakan mencapai 69,14, pada siklus I nilai rata-rata mencapai 82,07, dan pada siklus II nilai rata-rata mencapai 89,65. Presentase siswa yang mencapai indikator yang ditentukan atau presentase siswa yang mencapai nilai 80 pada pratindakan sebesar 37,93%, pada siklus I sebesar 86,21% dan pada siklus II sebesar 93,10%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa pemahaman siswa terhadap isi bacaan dapat mengalami peningkatan dengan penggunakan media “PUPA” dalam pembelajaran dan telah memenuhi indikator keberhasilan dalam penelitian ini.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ES

Publisher

Subject

Religion Education Environmental Science Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Edu Sociata adalah jurnal program studi pendidikan sosiologi STKIP Bima yang merupakan jurnal online (online journal system), dimana para dosen dapat mempublikasikan hasil penelitiannya secara berkala. Di jurnal ini para dosen aktif melakukan penelitian sebagaimana tuntutan Tri Dharma Perguruan ...