PSIKODINAMIKA : Jurnal Literasi Psikologi
Vol 4 No 1 (2024): PSIKODINAMIKA : Jurnal Literasi Psikologi, Januari 2024

Positive Reinforcement Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Nyaring

Nusareshi Dyansatithi (Universitas Muhammadiyah Gresik)
Muhimmatul Hasanah (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jan 2024

Abstract

Membaca termasuk kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh setiap individu. Dengan kemampuan membaca maka individu dapat mengungkapkan pikiran atau gagasan untuk maksud dan tujuannya. Salah satu kemampuan membaca adalah membaca nyaring. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan teknik penguatan positif untuk meningkatkan kemampuan membaca nyaring menggunakan media flashcard. Subjek dalam penelitian ini adalah anak laki-laki kelas IV SD dengan kemampuan membaca nyaring yang kurang. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah Single Suject Research (SSR) dengan subjek tunggal. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan lembar penilaian indikator membaca nyaring. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif berupa analisis grafik. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif teknik penguatan positif menggunakan media flashcard terhadap kemampuan membaca nyaring yang ditunjukkan dari peningkatan skor dari baseline awal (A1) sebanyak 5 menjadi 8 pada baseline akhir (A2).

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

psikodinamika

Publisher

Subject

Education Public Health Social Sciences

Description

PSIKODINAMIKA : Jurnal Literasi Psikologi adalah Jurnal Akses Terbuka (Open Access Journal) yang diterbitkan oleh Program Studi Psikologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Islam Raden Rahmat Malang. PSIKODINAMIKA diterbitkan dua kali dalam setahun pada bulan Januari dan Juli. ...