Indonesian Society and Religion Research
Vol. 2 No. 2 (2025): Indonesian Society and Religion Research

PENGEMBANGAN KESADARAN MULTIKULRAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM : PERSPEKTIF MEMBENTUK GENERASI TANGGUH DI ERA SOCIETY 5.0

Muhammad Reza Ahadi (Unknown)
Fitrah Sugiarto (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Jul 2024

Abstract

Dalam era Society 5.0 yang ditandai oleh integrasi teknologi canggih dengan kehidupan sehari-hari, pendidikan agama Islam berbasis kesadaran multikultural memegang peranan penting dalam membentuk generasi yang tangguh dan adaptif. Penelitian ini menjelaskan bagaimana pendekatan multikultural dalam pendidikan agama Islam menjadi relevan dalam konteks era Society 5.0 dan bagaimana hal itu dapat mempengaruhi pembentukan karakter individu serta dinamika sosial masyarakat. Analisis mendalam terhadap pandangan tokoh-tokoh terkemuka baik dari dalam maupun luar negeri memberikan wawasan yang kaya akan urgensi dan implikasi dari pengembangan kesadaran multikultural dalam pendidikan agama Islam. Hasilnya menunjukkan bahwa pendidikan agama Islam yang inklusif, menghargai perbedaan budaya dan agama lain, memiliki peran signifikan dalam membentuk masyarakat yang harmonis dan inklusif di era yang semakin terhubung secara global. Kesimpulannya, pengembangan kesadaran multikultural dalam pendidikan agama Islam bukan hanya relevan dengan perkembangan teknologi dan sosial di Era Society 5.0, tetapi juga merupakan pilar penting dalam membangun masyarakat yang kuat, inklusif, dan mampu beradaptasi dengan dinamika zaman yang terus berkembang.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

isah

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Indonesian Society and Religion Research (E-ISSN=3046-9678) is an official journal in the fields of sociology, culture, and religion. This research covers various topics such as Cultural Sociology, Paradigms of cultural sociological analysis, Relationship between cultural sociology, cultural studies ...