ABANNA: Journal Of Contemporary Islamic Education
Vol. 2 No. 1 (2024): JURNAL ABANNA: Journal Of Contemporary Islamic Education

Pengembangan Media Pembelajaran Diorama Siklus Hidrologi Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V Di MI Al-Hidayah Mangli Kaliwates Jember

RAFLI AHMAD ISFAHANI (Unknown)
Putri Sulistiyowati (Unknown)
Muhammad Suwignyo Prayoga (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk membuat dan menghasilkan sebuah media pembelajaran diorama siklus air, memberi petunjuk tentang kelayakan media serta memberikan pembelajaran dan pengetahuan melalui media pembelajaran diorama siklus air ini. Penelitian dibuat menggunakan metode R&D (Research and Development). Pada penelitian ini, kami menggunakan model ADDIE yaitu analisis, desain, development, implementasi dan evaluasi. Pada tahap analisis, kami melakukan beberapa analisis terhadap kebutuhan dan keperluan dikembangkannya media diorama siklus hidrologi dengan melalui kunjungan observasi dan wawancara ke MI Al-Hidayah. Selanjutnya pada tahap desain kami membuat rancangan sketsa sementara dalam pengembangan media diorama siklus hidrologi. Selanjutnya pada tahap development media tersebut dikembangkan sesuai dengan rancangan yang sudah di buat. Setelah itu media ini memasuki tahap Implementasi terhadap peserta didik kelas V MI Al-Hidayah dan yang terakhir adalah evluasi terhadap pembelajaran yang sudah disampaikan melalui media diorama siklus hidrologi dengan membuat soal essay.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ABANNA

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

ABANNA: Journal Of Contemporary Islamic Education is publishes scholarly research on Contemporary Islamic educational institutions and Islamic education. The articles of this journal are published bi-annually: June and December. ABANNA: Journal Of Contemporary Islamic Education is the leading ...