Jurnal Intelek Insan Cendikia
Vol. 1 No. 4 (2024): JUNI 2024

Menumbuhkan Tunas Demokrasi Sejak Dini: Inovasi Pembelajaran PKn di SDN 106813 Amplas untuk Meningkatkan Keterlibatan Siswa Kelas 3

Muthia Rahma (Unknown)
Ardiany Leony H Saragih (Unknown)
Ester Meilani (Unknown)
Fatmadani Siregar (Unknown)
Nur Aulia Heriani (Unknown)
Waliyul Maulana Siregar (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Jun 2024

Abstract

Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) di sekolah dasar memainkan peran penting dalam menumbuhkan nilai-nilai demokrasi dan partisipasi sipil pada generasi muda. Namun, dalam praktiknya, pembelajaran PKn di sekolah dasar masih sering terjebak dalam metode tradisional yang kurang menarik dan interaktif. Hal ini dapat menyebabkan siswa menjadi pasif dan kurang terlibat dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana inovasi pembelajaran PKn di SDN 106813 Amplas dapat meningkatkan keterlibatan siswa kelas 3. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan desain studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi kelas, wawancara dengan guru dan siswa, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa inovasi pembelajaran PKn di SDN 106813 Amplas, yang meliputi penggunaan metode pembelajaran aktif, pembelajaran berbasis proyek, dan pembelajaran kolaboratif, terbukti dapat meningkatkan keterlibatan siswa kelas 3. Siswa menjadi lebih aktif dalam berpartisipasi dalam kegiatan belajar mengajar, menunjukkan minat yang lebih tinggi terhadap materi pembelajaran, dan merasa lebih percaya diri untuk mengekspresikan pendapat mereka. Penelitian ini memberikan beberapa rekomendasi untuk meningkatkan pembelajaran PKn di sekolah dasar, antara lain: Menggunakan metode pembelajaran yang lebih aktif dan interaktif, menerapkan pembelajaran berbasis proyek dan pembelajaran kolaboratif, memberikan kesempatan kepada siswa untuk berpartisipasi dalam pengambilan Keputusan, menciptakan lingkungan belajar yang aman dan mendukung.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jiic

Publisher

Subject

Religion Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Jurnal Intelek Insan Cendikia (JIIC) adalah jurnal MULTI DISIPLIN ILMU. Jurnal ini menerima artikel ilmiah dari seluruh bidang ilmu, seperti : keagamaan, pendidikan, ekonomi, sosial, kesehatan, hukum, manajemen, dan seluruh bidang keilmuan ...