Jurnal Intelek Insan Cendikia
Vol. 1 No. 5 (2024): JULI 2024

Studi Komparatif Pembelajaran Berdiferensiasi PAI Pada Sekolah Penggerak Dan Sekolah Biasa Di Kabupaten Wonosobo (Studi Kasus di SMP Takhassus Al-Qur’an Kalibeber dan SMPN 2 Watumalang)”

Adit Khaeruloh (Magister Pendidikan Islam, Program Pascasarjana, Universitas Sains Al-Qur’an)
Ahmad Khoiri (Magister Pendidikan Islam, Program Pascasarjana, Universitas Sains Al-Qur’an)
Faisal Kamal (Magister Pendidikan Islam, Program Pascasarjana, Universitas Sains Al-Qur’an)



Article Info

Publish Date
02 Jul 2024

Abstract

Pendidikan adalah kunci utama pembangunan suatu negara, dan di Indonesia, inovasi pendidikan seperti Kurikulum Merdeka bertujuan untuk mengembangkan kreativitas, kemandirian, dan jiwa wirausaha siswa. Salah satu aspek penting dari Kurikulum Merdeka adalah pembelajaran berdiferensiasi, yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan individual siswa. Penelitian ini membandingkan karakteristik, implementasi, dan implikasi pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP Takhassus Al-Qur'an Kalibeber, sebuah sekolah penggerak, dengan SMP Negeri 2 Watumalang, sebuah sekolah biasa, di Kabupaten Wonosobo. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif dan analisis induktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua sekolah melayani peserta didik sesuai dengan kemampuan dan latar belakang mereka, meskipun ada perbedaan dalam strategi pembelajaran dan peran guru sebagai fasilitator. Di SMP Takhassus Al-Qur'an, perencanaan dan pelaksanaan strategi pembelajaran berdiferensiasi lebih berkembang dibandingkan di SMP Negeri 2 Watumalang. Implikasi dari pembelajaran berdiferensiasi termasuk peningkatan hasil belajar, motivasi, kemampuan berpikir kritis, dan peningkatan rapor pendidikan. Namun, metode penilaian dan refleksi pembelajaran berbeda antara kedua sekolah.Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan pembelajaran berdiferensiasi di sekolah penggerak lebih komprehensif dan terstruktur, memberikan dampak positif yang lebih signifikan terhadap hasil belajar siswa dibandingkan dengan sekolah biasa. Temuan ini menekankan pentingnya dukungan dan pendampingan yang intensif dalam implementasi Kurikulum Merdeka untuk mencapai tujuan pendidikan yang lebih holistik dan berkelanjutan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jiic

Publisher

Subject

Religion Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Jurnal Intelek Insan Cendikia (JIIC) adalah jurnal MULTI DISIPLIN ILMU. Jurnal ini menerima artikel ilmiah dari seluruh bidang ilmu, seperti : keagamaan, pendidikan, ekonomi, sosial, kesehatan, hukum, manajemen, dan seluruh bidang keilmuan ...