Jurnal Desain Komunikasi Visual
Vol. 1 No. 1 (2024): February

Analisis Resepsi Masyarakat Terhadap Desain Grafis pada Billboard Kampanye Program Pemerintah Daerah

Amirullah, Fitrah (Unknown)
Aesthetika , Nur Maghfira (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Jun 2024

Abstract

Studi ini menilai efektivitas desain grafis dalam komunikasi kampanye pemerintah melalui media billboard luar ruang. Dengan menggunakan analisis kuantitatif terhadap keterlibatan dan pemahaman penonton, penelitian ini mengkaji dampak elemen desain grafis terhadap penerimaan komunitas terhadap kampanye publik. Temuan menunjukkan bahwa strategi desain saat ini pada billboard kurang optimal, mengakibatkan keterlibatan publik dan retensi pesan yang tidak memadai. Hasil ini menekankan kebutuhan akan perbaikan desain strategis untuk meningkatkan kekuatan komunikatif dari kampanye program pemerintah. Implikasi dari studi ini menyarankan pedoman yang dapat dilakukan untuk meningkatkan efektivitas desain grafis dalam periklanan sektor publik, dengan tujuan mengoptimalkan daya tarik estetika dan penyampaian informasi penting secara fungsional.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

dkv

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Journal of Desain Komunikasi Visual ISSN 3048-1481 is a scholarly, published by Indonesian Journal Publisher. Jurnal DKV publishes four issues annually in the months of February, Mei, Agustus and November. This journal only accepts original scientific research works (not a review) that have not been ...