Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan murid kelas II SDN No. 2 Tambu membaca permulaan melalui metode global. Metode penelitian didasarkan pada rancangan penelitian model tugas dimulai dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian murid kelas II SDN No. 2 Tambu berjumlah 20 orang murid. Jenis data penelitian yaitu analisis data secara kualitatif dan analisis data secara kuantitatif. Cara menggumpulkan data melalui observasi dan evaluasi. Observasi dilakukan untuk memperoleh data kemampuan guru melaksanakan observasi kegiatan murid selama mengikuti kegiatan di kelas. Evaluasi di lakukan untuk memperoleh data hasil kemampuan murid membaca permulaan melalui metode global. Data kualitatif di analisis berdasarkan kriteria penilaian yang di tentukan secara kualitas kemampuan guru dan keaktifan murid, misalnya sangat baik, baik, cukup, kurang dan sangat kurang. Data kuantitatif dianalisis dengan menentukan nilai rata-rata murid dalam bentuk angka. Hasil penelitian yang diperoleh siklus I, hanya 10 orang yang mendapat nilai akhir sesuai dengan hasil yang diharapkan atau dalam kategori tuntas yaitu 3 orang yang mendapat nilai 58, 3 orang yang mendapat nilai 67 dan 75, 1 orang yang mendapat nilai 83 dan 1 orang yang mendapat nilai 92, sedangkan sisanya adalah termasuk dalam kategori tidak berhasil atau tidak tuntus. Kemudian, pada siklus kedua kemampuan murid dalam membaca permulaan melalui metode global meningkat. Hal ini dapat dilihat dari perolehan nilai akhir murid yakni dari 20 orang murid, semuanya mendapat nilai baik pada penilaian proses. Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai akhir yang dicapai oleh murid yakni 2 orang yang mendapat nilai akhir 67, 4 orang yang mendapat nilai 75, 5 orang yang mendapat nilai akhir 83, dan 9 orang yang mendapat nilai akhir 100. Atas hasil perolehan siklus II, Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa melalui metode global kemampuan membaca permulaan murid kelas II SDN No. 2 Tambu dapat ditingkatkan.
Copyrights © 2018