JPPG (Jurnal Pendidikan Profesi Guru)
Vol. 1 No. 2 (2020): Agustus

Pengembangan buku edukasi kreatif tematik untuk siswa sekolah dasar

Kuncahyono Kuncahyono (Universitas Muhammadiyah Malang)
Zahrotul Wihda Annadia (MI Muhammadiyah Lamongan)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2020

Abstract

Keterbatasan media pembelajaran berdampak pada respon belajar siswa yang rendah, sehingga perlu upaya pengembangan media belajar inovatif seperti buku edukasi kreatif tematik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan buku edukasi kreatif tematik serta menganalisis respon siswa terhadap penggunaan buku edukasi kreatif tematik di dalam pembelajaran. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE dalam mengembangkan bukatif. Subjek penelitian ini melibatkan siswa kelas 2 Sekolah Dasar Negeri 04 Sitiarjo Kabupaten Malang yang Berjumlah 35 siswa. Penelitian ini dilakukan pada bulan Januari-Maret 2019. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dokumentasi, dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis data deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan buku edukasi kreatif-tematik melalui tahap validasi oleh ahli bahan ajar, ahli materi, dan ahli pembelajaran dinyatakan bahwa bahan ajar memiliki kriteria sangat layak, sangat valid, dan perlu revisi sesuai saran. Persentase kelayakan bahan ajar oleh ahli bahan ajar sebesar 93% (sangat layak), oleh ahli materi sebesar 79% (layak), dan ahli pembelajaran sebesar 96% (sangat layak). Lebih dari itu, respon siswa menunjukkan bahwa buku tergolong sangat baik dengan persentase 90%. Pengembangan buku edukasi kreatif tematik dapat dimanfaatkan oleh guru dan siswa dalam mengatasi keterbatasan bahan ajar serta sebagai alternatif penggunaan bahan ajar inovatif di kelas.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jppg

Publisher

Subject

Education Other

Description

JPPG (Jurnal Pendidikan Profesi Guru) is a means to communicate the results of various research activities and scientific studies carried out individually or in groups by lecturers, teachers, students, educational observer institutions, state institutions, and the like. Various research results and ...