JPPG (Jurnal Pendidikan Profesi Guru)
Vol. 3 No. 2 (2022): Agustus

Peningkatan hasil belajar kognitif IPA Kelas IV SDN Kayuapak 02 dengan media video

Ratna Nurwini (SDN Kayuapak 02 , Jl. Menjing Kel. Kayuapak, Kec. Polokarto, Kota Sukoharjo, Jawa Tengah)
Ima Wahyu Putri Utami (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Muhammadiyah Malang)
Elia Rovi Luddi Anofa (SD Negeri Dadaprejo 01, Batu, Jawa Timur)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2022

Abstract

Upaya yang dapat memotivasai siswa dalam pembelajaran adalah penggunaan media video. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peningkatan hasil belajar kognitif siswa dalam pembelajaran IPA menggunakan media video. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IVĀ  di SD Negeri Kayuapak 02 Kota Sukoharjo dengan jumlah siswa sebanyak 21 orang. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari satu siklus dengan empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan aktivitas siswa ketika guru memberikan penghargaan kepada mereka. Hasil belajar siswa dengan menggunakan media video meningkat yaitu pada prasiklus nilai rata-rata siswa 53,33 dan meningkat pada siklus I menjadi 84,76. Siswa yang belum mencapai nilai standar KKM diberikan perhatian yang lebih berupa pendekatan dan bimbingan yang lebih dari pada temannya yang lain, hal ini dilakukan untuk mengetahui letak kesulitan siswa dalam memahami materi yang disampaikan oleh guru. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPA dengan menggunakan media video pembelajaran dapat meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar kognitif siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jppg

Publisher

Subject

Education Other

Description

JPPG (Jurnal Pendidikan Profesi Guru) is a means to communicate the results of various research activities and scientific studies carried out individually or in groups by lecturers, teachers, students, educational observer institutions, state institutions, and the like. Various research results and ...