JPPG (Jurnal Pendidikan Profesi Guru)
Vol. 2 No. 3 (2021): Desember

Meningkatkan minat membaca dan prestasi siswa melalui bahan ajar modul elektronik Flipbook di kelas IV

Rindhy Anita Prasetyaningrum (SD NEGERI 03 JATIREJO KECAMATAN JUMAPOLO LKABUPATEN KARANGANYAR)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui upaya yang dilakukan guru kelas dalam meningkatkan minat membaca bahan ajar dan prestasi siswa kelas IV SD Negeri 03 Jatirejo. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 3 Jatirejo yang berjumlah 3 siswa. Data yang digunakan adalah data hasil belajar siswa. Sumber data diambil dari pengamatan dan hasil tes. Teknik pengumpulan data  meliputi dokumen, observasi, tes tulis dan tes praktik. Prosedur yang digunakan adalah (1) Perencanaan (2) Pelaksanaan (3) Observasi   (4) Refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui media pembelajaran flip book dapat meningkatkan minat baca dan prestasi belajar siswa pada siswa kelas IV SD Negeri 3 Jatirejo. Peningkatan terjadi pada siklus I tetapi belum optimal. Pada pelaksanaan siklus II meningkat sesuai dengan harapan. Simpulan penelitian ini adalah media pembelajaran flip book dapat meningkatkan minat maba dan prestasi belajar siswa dari kurang  menjadi  baik. Nilai ketuntasan hasil belajar siswa 66,7% pada siklus I  dan  siklus II meningkat menjadi 100% total peningkatan 33,33%, serta rata-rata nilai  8,00 pada siklus I, dan pada siklus II menjadi 9,70 total peningkatan 1,70 poin. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan media pembelajaran flip book  dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 03 Jatirejo Kecamatan Jumapolo Kabupaten Karanganyar.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jppg

Publisher

Subject

Education Other

Description

JPPG (Jurnal Pendidikan Profesi Guru) is a means to communicate the results of various research activities and scientific studies carried out individually or in groups by lecturers, teachers, students, educational observer institutions, state institutions, and the like. Various research results and ...