JPPG (Jurnal Pendidikan Profesi Guru)
Vol. 2 No. 1 (2021): April

Peningkatan hasil belajar siswa dalam pemanfaatan media TTS Aplikasi Hot Potatoes di SDN Growong Lor 01

Bangun Widodo (Universitas Muhammadiyah Malang)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi penggunaan media aplikasi teka teki silang (TTS) dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa  Tahapan penelitian tindakan kelas ini meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus 1 dan siklus 2. Hasil penelitian pada siklus satu dan siklus dua menunjukkan bahwa pemanfaatan media teka-teki silang yang dibuat menggunakan Aplikasi Hot Potatoes memberi dampak peningkatan yang signifikan dari hasil belajar siswa terutama berkaitan kosakata dan definisi. Pada awal penelitian jumlah siswa yang tidak tuntas sebanyak 10 siswa dari 20 siswa dan mangalami pengurangan, dari enam siswa (siklus satu) menjadi hanya tiga siswa saja yang belum tuntas pada siklus dua. Secara persentase skala peningkatan ketuntasan dari 50 menjadi 76.88 pada akhir siklus satu dan 88.06 pada akhir siklus dua.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jppg

Publisher

Subject

Education Other

Description

JPPG (Jurnal Pendidikan Profesi Guru) is a means to communicate the results of various research activities and scientific studies carried out individually or in groups by lecturers, teachers, students, educational observer institutions, state institutions, and the like. Various research results and ...