JPPG (Jurnal Pendidikan Profesi Guru)
Vol. 4 No. 1 (2023): April

Optimalisasi gaya belajar melalui lontar barang antik untuk meningkatkan hasil belajar geografi

Ambarwati, Dwi (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Mar 2024

Abstract

Lontar Barang Antik merupakan suatu pembelajaran yang memadukan modifikasi permainan tradisional engklek menjadi loncat pintar dengan penggunaan aplikasi Smartphone Toontastic. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh penggunaan model pembelajaran Lontar Barang Antik terhadap peningkatan hasil belajar geografi peserta didik. Penelitian ini menggunakan rancangan eksperimen semu (quasi experimental design) dengan desain penelitian non randomized pretest-posttest control group design. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 2 Probolinggo. Uji hipotesis menggunakan uji beda melalui independent sample t-test yang dilakukan dengan bantuan SPSS 16 For Windows. Hasil uji statistik dengan uji beda (t-test) menunjukkan model pembelajaran Lontar Barang Antik berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar geografi peserta didik. Model pembelajaran Lontar Barang Antik bisa memfasilitasi semua gaya belajar yang dimiliki peserta didik. Peserta didik lebih aktif dan motivasi belajar menjadi lebih tinggi. Optimalisasi gaya belajar melalui model pembelajaran Lontar Barang antik dapat meningkatkan hasil belajar geografi.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jppg

Publisher

Subject

Education Other

Description

JPPG (Jurnal Pendidikan Profesi Guru) is a means to communicate the results of various research activities and scientific studies carried out individually or in groups by lecturers, teachers, students, educational observer institutions, state institutions, and the like. Various research results and ...