Masalah utama dalam penelitian ini adalah siswa kelas I SD Integral Rahmatullah Tolitoli mengalami kesulitan dalam belajar penjumlahan dan pengurangan bilangan. Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa Kelas I SD Integral Rahmatullah Tolitoli dengan penerapan Pembelajaran pendekatan Matematika realistik pada materi penjumlahan dan pengurangan. Penelitian dilaksanakan di kelas I SD Integral Rahmatullah Tolitoli tahun ajaran 2012/2013 dengan subyek penelitian sebanyak 20 orang. Desain penelitian mengacu pada Model Kemmis dan MC. Taggart yang terdiri dari 4 komponen yaitu, perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data dikumpulkan dengan tehnik tes, observasi dan tanya jawab serta dianalisis dengan menggunakan model Mides dan Haburman serta tehnik persentase. Hasil penelitian  yang memenuhi standar Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) mengalami peningkatan dari siklus pertama ke siklus kedua dari 20 siswa, 11 siswa yang tidak tuntas pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 63,8 dan mengalami peningkatan pada siklus II, 19 siswa yang tuntas diperoleh nilai rata-rata 77. Hasil penelitian tersebut memberikan kesimpulan bahwa pembelajaran pendekatan matematika realistik terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata kunci: pendekatan matematika realistik; hasil belajar; penjumlahan dan pengurangan bilangan asli.
Copyrights © 2016