JPPG (Jurnal Pendidikan Profesi Guru)
Vol. 3 No. 2 (2022): Agustus

Peningkatan hasil belajar matematika menggunakan bahan ajar kontekstual berbasis inquiry pada siswa Kelas III SD

Rina Mariana Hesti (SD MBF Al Adzkiya)
Arti Prihatini (Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP, Universitas Muhammadiyah Malang)
Qoriatul Azizah (SD Negeri Punten 01)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2022

Abstract

Siswa mengalami kesulitan dalam mengalikan dua bilangan cacah, maka diperlukan bahan ajar yang tepat untuk keberhasilan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar matematika materi perkalian bilangan cacah menggunakan bahan ajar kontekstual berbasis inquiry di kelas III SD MBF Al Adzkiya Wonosobo. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus. Subyek penelitian berjumlah 31 siswa dengan kriteria mampu membaca dan mengikuti pembelajaran daring melalui Google classroom dan Zoom meeting. Penelitian siklus I dilaksanakan menggunakan bahan ajar bermedia video dengan model ceramah. Penelitian siklus II dilaksanakan menggunakan bahan ajar kontekstual berupa video dengan metode inquiry. Siswa mengerjakan evaluasi menggunakan aplikasi Quizizz. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar sebesar 22,58%. Bahan ajar kontekstual berbasis inquiry berhasil meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas 3 SD.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jppg

Publisher

Subject

Education Other

Description

JPPG (Jurnal Pendidikan Profesi Guru) is a means to communicate the results of various research activities and scientific studies carried out individually or in groups by lecturers, teachers, students, educational observer institutions, state institutions, and the like. Various research results and ...