Siswa mengalami kesulitan dalam mengalikan dua bilangan cacah, maka diperlukan bahan ajar yang tepat untuk keberhasilan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar matematika materi perkalian bilangan cacah menggunakan bahan ajar kontekstual berbasis inquiry di kelas III SD MBF Al Adzkiya Wonosobo. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus. Subyek penelitian berjumlah 31 siswa dengan kriteria mampu membaca dan mengikuti pembelajaran daring melalui Google classroom dan Zoom meeting. Penelitian siklus I dilaksanakan menggunakan bahan ajar bermedia video dengan model ceramah. Penelitian siklus II dilaksanakan menggunakan bahan ajar kontekstual berupa video dengan metode inquiry. Siswa mengerjakan evaluasi menggunakan aplikasi Quizizz. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar sebesar 22,58%. Bahan ajar kontekstual berbasis inquiry berhasil meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas 3 SD.
Copyrights © 2022