JPPG (Jurnal Pendidikan Profesi Guru)
Vol. 3 No. 3 (2022): Desember

Proyek “Merawat daur biogeokimia bumi” sebagai penguatan profil pelajar pancasila

Salsabiilaa Roihanah (Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP Universitas Muhammadiyah Malang)
Syifa Salsabilla (Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP Universitas Muhammadiyah Malang)
Muthia Maharani Saiful (Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP Universitas Muhammadiyah Malang)
Tegar Ganes Firmandani (Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP Universitas Muhammadiyah Malang)
Yusvita Ratna (Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP Universitas Muhammadiyah Malang)
Sinta Indah Listiawati (Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP Universitas Muhammadiyah Malang)
H. Husamah (Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP Universitas Muhammadiyah Malang)



Article Info

Publish Date
25 Dec 2022

Abstract

Kurikulum Merdeka yang sudah mulai diterapkan di berbagai sekolah di Indonesia mengharuskan adanya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila yang terlepas dari kegiatan intrakulikuler. Salah satu tema yang diusung dalam projek tersebut adalah gaya hidup berkelanjutan. Tema ini sejalan dengan pendidikan untuk mewujudkan pengembangan berkelanjutan (Education for Sustainable Development). Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan projek bertema gaya hidup berkelanjutan bertajuk “Merawat Daur Biogeokimia Bumi”. Projek ini cocok dilaksanakan oleh siswa Fase E (kelas 10 SMA) selama 70 jam pelajaran dan terdiri dari tahap pengenalan, kontekstualisasi, aksi, refleksi dan tindak lanjut yang sudah memenuhi elemen beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, bernalar kritis, dan kreatif. Untuk selanjutnya, dapat dilakukan pengembangan modul yang lebih komprehensif.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jppg

Publisher

Subject

Education Other

Description

JPPG (Jurnal Pendidikan Profesi Guru) is a means to communicate the results of various research activities and scientific studies carried out individually or in groups by lecturers, teachers, students, educational observer institutions, state institutions, and the like. Various research results and ...