JPPG (Jurnal Pendidikan Profesi Guru)
Vol. 3 No. 3 (2022): Desember

Implementasi program education for sustainable development melalui gerakan: “Mangrove planting, mangrove for life”

Ernia Zulita Sabella (Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP Universitas Muhammadiyah Malang)
Tiara Suci Andani (Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP Universitas Muhammadiyah Malang)
Indriani Santika (Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP Universitas Muhammadiyah Malang)
Putri Adelia Azalia Zahroh (Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP Universitas Muhammadiyah Malang)
Putri Nurul Nabila (Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP Universitas Muhammadiyah Malang)
Muhammad Dheo Refaldo Wahyudi (Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP Universitas Muhammadiyah Malang)



Article Info

Publish Date
25 Dec 2022

Abstract

Education for Sustainable Development (ESD) diselenggarakan demi pendidikan relevan yang menempatkan tanggung jawab terhadap masa yang akan datang sebagai fokus utama. Peran pendidikan penting sebagai sarana mengubah cara berpikir dan bertindak individu dan masyarakat dengan nilai-nilai keberlanjutan. Kiblat pendidikan perlu menciptakan dunia yang damai dan berkelanjutan bagi kelangsungan hidup dan kemakmuran masyarakat. ESD memberikan pengetahuan, keterampilan, dan skill berwirausaha. Artikel ini bertujuan mendiskusikan Nilai Pembelajaran Mangrove jika diterapkan di sekolah, penanaman pohon mangrove sampai dengan pemanenan, dan konteks sistem ekonomi yang berkelanjutan. Artikel ini merupakan review. Dapat didiskusikan bahwa mangrove planting adalah kegiatan konservasi yang dilaksanakan satu tahun sekali pada akhir semester. Pelaksanaannya diawali dengan kegiatan fundraising dan business day. Kegiatan menanam mangrove di SMA tidak sekadar menanam, tetapi juga bagaimana para siswa belajar menghasilkan uang yang digunakan untuk membeli bibit mangrove sebelum bisa menanamnya di Pantai.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jppg

Publisher

Subject

Education Other

Description

JPPG (Jurnal Pendidikan Profesi Guru) is a means to communicate the results of various research activities and scientific studies carried out individually or in groups by lecturers, teachers, students, educational observer institutions, state institutions, and the like. Various research results and ...