Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia
Jurnal Ilmiah Indonesia

Pengaruh Strategi DRTA dan SQ3R Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Pada Siswa Sekolah Dasar

Sulastri Sulastri (Universitas Terbuka)
Amprasto Amprasto (Universitas Terbuka)
Astri Dwi Jayanti Suhandoko (Universitas Terbuka)



Article Info

Publish Date
25 May 2024

Abstract

Kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV Sekolah Dasar masih rendah, sebagaimana tergambar dari hasil survei PIRLS, OECD, dan skor PISA, serta asesmen awal membaca. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh strategi DRTA dan SQ3R terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa. Dengan populasi sebanyak 84 siswa, penelitian ini menggunakan seluruh populasi sebagai sampel. Strategi DRTA, SQ3R, dan kombinasinya diterapkan pada tiga kelas eksperimen. Hasil uji dua rata-rata pretest menunjukkan perbedaan kemampuan membaca antar kelas. Analisis N-Gain dilakukan untuk mengevaluasi pengaruh strategi pembelajaran pada lima indikator membaca pemahaman. Kelas eksperimen 1, menggunakan strategi DRTA, hanya memberikan pengaruh rendah pada indikator kosakata sulit. Kelas eksperimen 2, yang menggunakan strategi SQ3R, memberikan pengaruh sedang pada beberapa indikator. Kelas eksperimen 3, yang menerapkan kombinasi strategi DRTA dan SQ3R, memberikan pengaruh sedang pada indikator ide pokok, namun hanya memberikan pengaruh rendah pada indikator kosakata sulit. Dari hasil ini, dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi DRTA dan kombinasi DRTA-SQ3R memberikan pengaruh rendah terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa, sementara penggunaan strategi SQ3R memberikan pengaruh sedang.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

syntax-literate

Publisher

Subject

Humanities Education Environmental Science Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia is a peer-reviewed scientific journal that publishes original research and critical studies in various fields of science, including education, social sciences, humanities, economics, and engineering. The journal aims to provide a platform for researchers, ...