Penelitian terhadap efektivitas e-book interaktif untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis perlu dilakukan sebagai bagian dari penelitian pengembangan e-book interaktif secara utuh. Penelitian ini dilatarbelakangi kebutuhkan sumber belajar yang terintegrasi dengan program belajar mandiri yang dapat melatihkan peserta didik untuk berpikir kritis. Sebagaimana keterampilan abad ke-21 yang harus dimiliki oleh peserta didik yang dipersiapkan untuk menjadi decisions maker ber-literasi sains di masa depan. Analisis efektivitas e-book interaktif yang dikembangkan dilakukan melalui implementasi dengan control group pre-test post-test design yang melibatkan 32 peserta didik. Metode pengembangan yang digunakan adalah model penelitian dan pengembangan ADDIE (analysis, design, development, implementation, and evaluation). Hasil implementasi menunjukkan rata-rata ukuran peningkatan pada kontrol sebesar 0,40, sedangkan rata-rata ukuran peningkatan kelas eksperimen sebesar 0,53. Ukuran kekuatan dampak penggunaan e-book interaktif dibandingkan dengan penggunaan modul ditunjukkan oleh nilai effect size sebesar 0,73 yang berada pada kategori cukup berdampak.
Copyrights © 2023