Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 4 No. 1 (2024): Innovative: Journal Of Social Science Research

Analisis Kepuasan Pengguna E-learning dengan Metode End-User Computing Satisfaction (EUCS) (Studi Kasus: Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Jayapura)

Apriono Apriono (Universitas Sepuluh Nopember Papua)
Heru Sutejo (Universitas Sepuluh Nopember Papua)
Jim Lahallo (Universitas Sepuluh Nopember Papua)



Article Info

Publish Date
15 Feb 2024

Abstract

Aplikasi e-learning di SMP N2 Jayapura telah menjadi perangkat utama dalam kegiatan pembelajaran, menyediakan berbagai fitur seperti materi ajar, latihan kuis, ulangan harian, dan penilaian siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kepuasan pengguna terhadap aplikasi e-learning dengan menggunakan metode End User Computing Satisfaction (EUCS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru dan siswa merasa puas dengan penggunaan aplikasi ini. Variabel-content memiliki tingkat kepuasan sebesar 86,63%, accuracy 80,33%, format 81,68%, ease of use 87,61%, dan timeliness 85,38%. Meskipun demikian, terdapat aspek yang dapat ditingkatkan, seperti tampilan aplikasi yang masih kurang menarik dan kurang fleksibel bagi siswa usia 13-15 tahun. Hasil evaluasi ini memberikan pemahaman kepada pengembang dan pengelola aplikasi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, memastikan kepuasan guru dan siswa terus terjaga, serta menyesuaikan fitur aplikasi dengan kebutuhan anak usia remaja.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...