Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana efektivitas kerjasama orangtua dan guru terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS di sekolah menengah pertama. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan metode kepustakaan. Metode kepustakaan merupakan metode pengumpulan data dengan mengumpulkan buku-buku perpustakaan dan bahan-bahan tertulis serta referensi-referensi yang relevan dengan penelitian yang sedang dilakukan. Adapun sumber kepustakaannya yaitu diperoleh dari beberapa sumber baik dari buku, jurnal, artikel serta pustaka yang berkaitan dengan judul penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan : 1) Kerjasama antara orang tua dan guru sangat berperan penting dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik. 2) Wujud partisipasi orang tua dan guru untuk mengatasi keterlambatan kemampuan calistung dengan memberikan perhatian lebih di rumah, menyediakan sarana dan prasarana belajar serta 3) Mengadakan kerja sama antara kedua belah pihak dimana membangun komunikasi keduanya dalam memantau perkembangan belajar peserta didik. Artinya, orang tua tidak sepenuhnya memberikan tanggung jawab pencapaian prestasi belajar yang baik hanya kepada guru, namun lebih dari itu, orang tua dapat melanjutkan apa yang telah dipelajari siswa di sekolah untuk diulang kembali di rumah. Dengan penyatuan kerjasama antara orangtua dan guru untuk mengetahui seberapa jauh perkembangan belajar peserta didik. Adapun bentuk kerja sama yang sudah dilakukan yaitu dengan membangun komunikasi formal maupun nonformal seperti dengan pemanggilan rapat mengenai pembangunan program-program sekolah, informasi yang disampaikan melalui surat, pemanggilan orang tua apabila anaknya bermasalah baik dalam sikap yang kurang disiplin maupun nilai atau prestasi anak yang mengalami kemerosotan dan sebagainya.
Copyrights © 2024