Artikel ini membahas tentang Sumber-sumber analisis masyarakat pada kurikulum pendidikan agama islam dan keterkaitannya. Pertanyaan penelitian ini berdasarkan landasan apa saja yang menjadi sumber-sumber analisis masyarakat dan bagaimana keterkaitan sumber analisis itu dengan kurikulum pembelajaran pai. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Landasan dan keterkaitan antara sumber-sumber analisis masyarakat dengan kurikulum pendidikan agama islam. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sumber analisis masyarakat terdiri dari tiga landasan, yaitu Landasan religious, yuridis dan terakhir landasan sosiologis. sumber-sumber analisis masyarakat tersebut saling berhubungan dan tidak bisa di pisahkan dengan kurikulum pendidikan agama islam. Pendidik dan pengembang kurikulum harus sangat memperhatikan beberapa landasan yang terdapat dalam sumber-sumber analisis masyarakat, karena sejatinya kurikulum pendidikan sedang mempersiapkan peserta didik yang berasal dari masyarakat akan kembali kepada masyarakat dan menciptakan masyarakat yang semakin membaik.
Copyrights © 2024