Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 4 No. 2 (2024): Innovative: Journal Of Social Science Research

Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Pembelajaran Contextual Teaching and Learning di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 38 Pontianak Utara

Yuliana Bunsu (Universitas Tanjungpura)
Kartono Kartono (Universitas Tanjungpura)
Dyoty Aulia Vilda Ghasya (Universitas Tanjungpura)
Hery Kresnadi (Universitas Tanjungpura)
Asmayani Salimi (Universitas Tanjungpura)



Article Info

Publish Date
12 Mar 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan lembar kerja peserta didik berbasis pembelajaran contextual teaching and learning di kelas v sekolah dasar negeri 38 Pontianak Utara yang valid dan layak untuk pembelajaran tematik. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dangan mengadaptasi model penelitian pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation) yang dikembangkan oleh Dick dan Carry dan hanya menempuh 4 tahap penelitian yaitu Analysis, Design, Development, dan Implementation. Tingkat validitas berdasarkan hasil validasi oleh ahli materi diperoleh persentase 96,3% kriteria sangat valid, ahli bahasa diperoleh persentase 99,2% kriteria sangat valid, dan ahli desain diperoleh persentase 95,8% kriteria sangat valid. Tingkat kelayakan berdasarkan hasil respon peserta didik kelompok kecil diperoleh pesersentase 97,1% kriteria sangat layak dan berdasarkan hasil respon peserta didik kelompok besar diperoleh persentase 96,4% kriteria sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...