Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 4 No. 2 (2024): Innovative: Journal Of Social Science Research

Hubungan Antara Keterampilan Sosial Dan Problem Focused Coping Guru Pembimbing Khusus

Gumilanggeng, Lima Mash Liberty (Unknown)
Sarajar, Dewita Karema (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Apr 2024

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif korelasional, ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara keterampilan sosial dengan problem focused coping pada Guru Pembimbing Khusus. Jumlah partisipan pada penelitian ini berjumlah 50 orang guru yang berprofesi sebagai guru pembimbing khusus, terdaftar sebagai guru pembimbing khusus di SD atau SMP yang berada di Kota Salatiga dengan pengambilan data menggunakan google form yang diberikan oleh peneliti. Alat ukur yang digunakan adalah skala Social Skill Inventory (SSI) oleh Riggio (1986) untuk mengukur keterampilan sosial dan skala Problem Focused Style of Coping (PF-SOC) oleh Lazarus (1984) untuk mengukur problem focused coping. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan signifikan antara keterampilan sosial dengan problem focused coping GPK, dengan hasil r = 0,561 dengan nilai signifikan = 0,000 (p<0,05) yang artinya semakin baik keterampilan sosial maka semakin baik pula problem focused coping GPK, dan sebaliknya. Kata Kunci: Keterampilan Sosial;Problem Focused Coping;Guru Pembimbing Khusus

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...