JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA
Vol 14 No 2 (2024): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA

Peningkatan Lompat Jauh Melalui Penerapan Teams Games Tournament pada Anak Autis di Sekolah Luar Biasa Dharma Asih Pontianak

Witri Suwanto (Universitas Tanjungpura)
Ahmad Atiq (Universitas Tanjungpura)
Bambang Prasetyo Subekti (Universitas Tanjungpura)
Zurhan Zurhan (Universitas Tanjungpura)
Petronila Trivion (Universitas Tanjungpura)
Fredikus Tendy Arian (Universitas Tanjungpura)
Ii Sumirat (Universitas Tanjungpura)
Peri Gentari Putra (Universitas Tanjungpura)
Damianusdarmo Damianusdarmo (Universitas Tanjungpura)
Suri Dwi Nanda (Universitas Tanjungpura)
Meliyana Karin (Universitas Tanjungpura)
Rio Saputra (Universitas Tanjungpura)
Yohanes Tomas Tongge (Universitas Tanjungpura)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2024

Abstract

Peningkatan lompat jauh melalui penerapan tgt (teams games tournament) pada anak autis di sekolah luar biasa dharma asih pontianak Pembelajaran lompat jauh merupakan sebuah pembelajaran yang wajib di berikan kepada peserta didik guna untuk mencapai tujuan pembelajaran khususnya anak yang berkebutuhan khusus dalam hal ini adalah anak autis ya itu anak yang secara tidak normal atau mengalami ketidaksamaan pada oaring normal lainya dalam rangka proses pertumbuhan dan perkembangan motorik melalui olahraga atletik sebagai ibu olahraga dari semua cabang olahraga diantarnya nomor lompat jauh namun perjalanan proses pembelajaran lompat jauh sangat mengalami kendala pada saat pembelajaran di lakukan dimana peserta dididk kelas mengalami kesulitan yang mendasar belum adanya sebuah model atau pendekatan yang sesuai kemampuan yang dimiliki setiap individu Peningkatan Lompat Jauh Melalui Penerapan TGT (Teams Games Tournament) untuk mengetahui lompat jauh melalui penerapan TGT (teams games tournament) Metode penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini adalah diskriftip kuantitatif dengan penellitian tindakan kelas dimana subyek penelitian berjumlah 20 dengan hasil penelitian pada siklus I terdapat siswa yang sudah tuntas berjumlah 11 dengan persentasi 55 % dan siswa yang belum tuntas 9 dengan persentasi 45 % maka di lanjutkan ke tahap siklus II dan jumlah siswa 20 tuntas semua atau tuntas 100%, artinya bahwa setiap pembelajaran harus di berikan segala upaya yang inovatif dan kreatif salah satunya model pembelajaran TGT (teams games tournament) bahwa pembelajaran pendidikan jasmani yang di berikan sangat berhasil kepada anak yang memeiliki kebutuhan khusus. Peningkatan lompat jauh melalui penerapan tgt (teams games tournament) pada anak autis di sekolah luar biasa dharma asih pontianak.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpo

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan Olahraga is published by STKIP Taman Siswa Bima. Jurnal Pendidikan Olahraga are open national scientific journals that collect and disseminate research manuscripts and literature review/articles in the fields of physical education, sports, and health. Multilateral journal ...