Penelitian ini dilakukan dengan tujuan meningkatkan prestasi belajar peserta didik dalam materi listrik dinamis melalui penerapan metode pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini melibatkan peserta didik kelas IX semester ganjil di salah satu SMP di Surabaya. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pengumpulan data melalui pre-test dan post-test. Penilaian pre-test dan post-test dievaluasi dengan menggunakan nilai N-Gain, uji normalitas, dan uji Wilcoxon untuk menilai peningkatan prestasi belajar peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata N-Gain > 0,7, menandakan pencapaian kriteria tinggi. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning telah berhasil mencapai tingkat efektivitas yang diinginkan. Hasil uji Wilcoxon menunjukkan adanya Positive ranks dengan jumlah peserta sebanyak 23, menunjukkan peningkatan prestasi belajar dari pre-test ke post-test untuk seluruh peserta didik.
Copyrights © 2024