Jurnal Sains, Teknologi dan Kesehatan
Vol. 1 No. 2 (2024): EMPIRIS : Jurnal Sains, Teknologi dan Kesehatan, Juni 2024

FORMULASI DAN UJI AKTIVITAS SEDIAAN PAPER SOAP SABUN CUCI TANGAN EKSTRAK ETANOL DAUN JAMBU BIJI (Psidium guajava L.) TERHADAP Staphylococcus aureus

Wahid, Hilmiati (Unknown)
Sulaiman, Abdul Wahid (Unknown)
Najamuddin, Mirfaidah (Unknown)
Pratiwi, Elzha Meilya (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2024

Abstract

Jambu biji (Psidium guajava L.) memiliki kandungan alkaloid, flavonoid, minyak atsiri, saponin, dan tanin yang memiliki kemampuan sebagai bahan antibakteri seperti bakteri Staphylococcus aureus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ekstrak etanol daun Jambu biji (Psidium guajava L.) dapat dibuat menjadi sediaan Paper soap sabun cuci tangan yang memenuhi persyaratan stabil secara fisik dan untuk mengetahui pada konsentrasi berapa Paper soap sabun cuci tangan ekstrak etanol daun Jambu biji (Psidium guajava L.) efektif menghambat Staphylococcus aureus. Metode penelitian dilakukan dengan cara metode disk diffusion (Kirby-Bauer test) dengan menggunakan tiga variasi konsentrasi 15%, 20%, 25% dan dua kontrol pendukung yaitu kontrol (-) merupakan sediaan Paper soap tanpa ekstrak juga kontrol (+) yaitu Paper soap. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa ekstrak daun Jambu biji (Psidium guajava L.) dapat dikembangkan menjadi sediaan Paper soap sabun cuci tangan yang stabil secara fisik. Serta sediaan memiliki aktivitas sebagai antibakteri terhadap Staphylococcus aureus dengan konsentrasi yang paling efektif yaitu pada konsentrasi 25% sebesar 20,5 mm ± 0,63 termasuk kategori sangat kuat.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

EMPIRIS

Publisher

Subject

Computer Science & IT Engineering Materials Science & Nanotechnology Medicine & Pharmacology Public Health

Description

EMPIRIS : Jurnal Sains, Teknologi dan Kesehatan is a peer-review journal that could be access to the public, published by LPP Manggala Institute. EMPIRIS provides a platform for researchers, academics, professionals, practitioners and students to embed and share knowledge in the form of empirical ...