Dalam matematika, penalaran diperlukan untuk menentukan menentukan benar salahnya dalam sebuah argumen matematika. Masalah dengan jenis HOTS membutuhkan banyak pemikiran dan melibatkan proses penalaran. Tujuan dari studi ini yaitu guna mengetahui kemampuan penalaran matematika belajar untuk menjawab soal HOTS pada materi pola bilangan. Jenis studi ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek studi ini adalah dua siswa kelas 8 SMP dengan kemampuan awal tinggi. Studi ini memakai instrumen berupa tes kemampuan penalaran matematika dan pedoman wawancara. Soal tes berbentuk uraian yang terdiri atas 3 soal dimana masing-masing soal mewakili 3 indikator soal HOTS. Hasil studi menjelaskan bahwasanya siswa dengan kemampuan awal yang tinggi memenuhi beberapa indikator penalaran matematika yaitu memanipulasi matematika, dapat memberi bukti dan alasan terhadap beberapa solusi, dan membuat konklusi dari pernyataan.
Copyrights © 2024