Perubahan kurikulum terjadi untuk menyempurnakan sistem pendidikan agar menyesuaikan dengan inovasi perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan. Perubahan kurikulum menjadi penting dilakukan untuk memberikan meningkatkan kualitas pendidikan bagi peserta didik dan mendorong kreativitas guru dalam proses pembelajaran. Pemerintah menawarkan Kurikulum 2013 dan Kurikulum merdeka dalam proses pembelajaran. Artikel ini bertujuan untuk mengkaji implementasi Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka dalam proses pelajaran matematika. Kurikulum matematika mengacu pada penerapan Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka yang berorientasi pada keterampilan abad 21 yaitu keterampilan berpikir kreatif (creative thinking), berpikir kritis dan pemecahan masalah (critical thinking and problem solving), berkomunikasi (communication), dan berkolaborasi (collaboration). Desain pada penelitian ini adalah literature review dengan jumlah literature utama yaitu sebanyak 31 artikel. Data yang digunakan bersumber dari database google schoolar dengan kata kunci perubahan kurikulum matematika, kurikulum 2013 matematika, dan kurikulum merdekaBerdasarkan hasil analisis ditemukan bahwa perbedaan signifikan mata pelajaran matematika dalam kurikulum 2013 dan kurikulum merderka yaitu proses pembelajaran projek dan sistem penilaian berbasis assesmen untuk meningkatkan kemampuan matematika pada level internasional yaitu TIMSS dan PISA. Karakteristik Kurikulum Merdeka juga menekankan pembelajaran melalui budaya (etnomatematika) dan kemampuan computational thinking dalam belajar matematika.
Copyrights © 2024