Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 8 No 2 (2024): Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika Volume 8 Nomor 2 Tahun 2024

Pengembangan Bahan Ajar Matematika Terintegrasi Keislaman untuk Menumbuhkan Karakter Siswa SMP

Suhandri, Suhandri (Unknown)
Syahwela, Mayu (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Apr 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan bahan ajar matematika terintegrasi keislaman khusunya pada materi persamaan linear satu variable yang valid, prakris, dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model Borg and Gall. Teknik pengumpulan data berupa angket dan tes. Sedangkan instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi ahli teknologi pendidikan, lembar validasi ahli materi, soal postes, dan angket karakter. Subjek penelitian ini dibagi atas tiga kategori yaitu validator untuk menilai kelayakan bahan ajar, 12 orang siswa untuk uji praktikalitas, dan 91 orang siswa yang berada di tiga sekolah di Provinsi Riau untuk menilai efektifitas bahan ajar. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar matematika berupa modul persamaan linear satu variable yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran matematika dan juga dapat menumbuhkan karakter siswa khususnya patuh kepada aturan, bersikap adil dan jujur. Oleh karena itu, modul ini dapat dikatakan layak digunakan sebagai salah satu perangkat dalam pembelajaran matematika SMP

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

cendekia

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika is a journal on mathematics Education. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika (JC) is under the auspices of the Faculty of Education, Mathematics Education Program of the Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. The journal is registered with E-ISSN: ...