Artikel ini membahas betapa pentingnya bagi siswa untuk dapat menggunakan bahan ajar atau media yang tepat saat mereka belajar. Tujuannya adalah untuk mengetahui bagaimana pengembangan atau penggunaan media dan bahan ajar berdampak pada kemampuan literasi numerasi siswa di sekolah dasar dan sekolah menengah. Metode Sistematic Literature Review (SLR) digunakan dalam penelitian ini. Metode ini meninjau artikel dari berbagai sumber dengan menggunakan database Google Scholar, Proceedings, dan Scimago dari tahun 2017 hingga 2023. Tujuan dari SLR adalah untuk menganalisis, menemukan, meninjau, dan menafsirkan penelitian sebelumnya tentang penggunaan bahan ajar atau media pada kemampuan literasi numerasi. Review ini terdiri dari tiga tahap, yaitu planning, conducting, dan reporting. Dari ketiga tahap tersebut, 52 artikel yang relevan ditemukan untuk kemudian disaring berdasarkan kriteria inklusi sehingga didapatkan 25 artikel yang digunakan sebagai studi primer. Simpulan yang didapatkan adalah pengembangan dan penggunaan bahan ajar atau media memiliki potensi untuk meningkatkan kemampuan literasi numerasi siswa baik pada jenjang SD, SMP maupun SMA/SMK, karena bahan ajar dan media yang secara khusus dirancang dan disusun, sangat memperhatikan kebutuhan siswa terutama dalam meningkatkan kemampuan literasi numerasi. Bahan ajar dan media tersebut dikemas menjadi lebih menarik, kreatif dan terstruktur sehingga membantu siswa dalam proses pembelajaran.
Copyrights © 2024