Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 8 No 1 (2024): Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika Volume 8 Nomor 1

Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika pada Materi Trigonometri Berdasarkan Prestasi Siswa

Nurdiana, Ani (Unknown)
Caswita, Caswita (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Mar 2024

Abstract

Prestasi belajar siswa menjadi salah satu indikator yang dapat digunakan untuk melihat kualitas siswa dalam memahami ilmu pengetahuan. Prestasi belajar juga dapat menjadi ciri keseriusan yang ditunjukkan oleh siswa dan sebagai kriteria penilaian institusi dalam pendidikan, siswa yang memilki kemampuan prestasi yang tinggi belum tentu memiliki kreatifitas yang tinggi pula. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sejauh mana kemampuan berpikir kreatif yang dimiliki siswa SMA dalam menyelesaikan masalah matematika pada materi Trigonometri berdasarkan prestasi siswa. Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan teknik analisis data secara deskriptif kualitatif yaitu reduksi data, tringgulasi data, menganalisis hasil tes tertulis dan wawancara dan penarikan kesimpulan. Lokasi penelitian dilaksanakan disalah satu SMA swasta di Lampung. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni tes dan wawancara. Subjek dalam penelitian ini adalah 3 siswa berprestasi di kelas X dengan peringkat 1-3 umum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa peringkat 1 memiliki kemampuan berfikir kreatif sedang, siswa peringkat 2 memiliki kemampuan berfikir kreatif rendah, dan siswa peringkat 3 memiliki kemampuan berfikir kreatif tinggi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

cendekia

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika is a journal on mathematics Education. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika (JC) is under the auspices of the Faculty of Education, Mathematics Education Program of the Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. The journal is registered with E-ISSN: ...