Prestasi belajar siswa menjadi salah satu indikator yang dapat digunakan untuk melihat kualitas siswa dalam memahami ilmu pengetahuan. Prestasi belajar juga dapat menjadi ciri keseriusan yang ditunjukkan oleh siswa dan sebagai kriteria penilaian institusi dalam pendidikan, siswa yang memilki kemampuan prestasi yang tinggi belum tentu memiliki kreatifitas yang tinggi pula. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sejauh mana kemampuan berpikir kreatif yang dimiliki siswa SMA dalam menyelesaikan masalah matematika pada materi Trigonometri berdasarkan prestasi siswa. Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan teknik analisis data secara deskriptif kualitatif yaitu reduksi data, tringgulasi data, menganalisis hasil tes tertulis dan wawancara dan penarikan kesimpulan. Lokasi penelitian dilaksanakan disalah satu SMA swasta di Lampung. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni tes dan wawancara. Subjek dalam penelitian ini adalah 3 siswa berprestasi di kelas X dengan peringkat 1-3 umum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa peringkat 1 memiliki kemampuan berfikir kreatif sedang, siswa peringkat 2 memiliki kemampuan berfikir kreatif rendah, dan siswa peringkat 3 memiliki kemampuan berfikir kreatif tinggi.
Copyrights © 2024