Perbandingan pendidikan menjadi salah satu cara untuk mengambil praktik baik dari negara lain untuk diterapkan di Indonesia. Australia sebagai salah satu negara dengan kualitas pendidikan terbaik dunia menjadi negara yang pantas untuk digali lebih lanjut. Metode dalam penelitian ini adalah literature review untuk studi komparatif kedua negara. Berdasarkan studi komparatif yang dilaksanakan ditemukan bahwa terdapat beberapa perbedaan dalam kurikulum matematika Indonesia dan Australia. Kurikulum Australia disusun dalam Australian Curriculum, Assessment and Reporting Authority (ACARA) dan Indonesia sedang dalam masa peralihan dari Kurikulum 2013 ke Kurikulum Merdeka Belajar. Secara umum materi pembelajaran matematika pada tingkat sekolah dasar dari kedua negara yaitu bilangan, aljabar, pengukuran, ruang, statistik, dan peluang. Perbedaannya adalah pada struktur kurikulum serta cakupan konten dari masing-masing materi, kedalaman, dan pengalaman belajar. Di antara kelebihan kurikulum Australia yang dapat ditauladani oleh Indonesia adalah pada aspek memenuhi kebutuhan peserta didik dengan pengalaman yang relevan, kontemporer dan menarik. Selanjutnya juga pada aspek sajiannya yang lebih lengkap karena diperkaya melalui pengembangan konten yang dipertimbangkan dan terfokus secara alami, serta menawarkan kesempatan untuk menambah kedalaman dan keluasan pembelajaran dalam elaborasi konten.
Copyrights © 2024