Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 8 No 1 (2024): Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika Volume 8 Nomor 1

Kurikulum Matematika Sekolah di Australia: Suatu Perbandingan dengan Indonesia

Mirna, Mirna (Unknown)
Aysi, Rohadatul (Unknown)
Ananda, Azwar (Unknown)
Gistituati, Nurhizrah (Unknown)
Rusdinal, Rusdinal (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2024

Abstract

Perbandingan pendidikan menjadi salah satu cara untuk mengambil praktik baik dari negara lain untuk diterapkan di Indonesia. Australia sebagai salah satu negara dengan kualitas pendidikan terbaik dunia menjadi negara yang pantas untuk digali lebih lanjut. Metode dalam penelitian ini adalah literature review untuk studi komparatif kedua negara. Berdasarkan studi komparatif yang dilaksanakan ditemukan bahwa terdapat beberapa perbedaan dalam kurikulum matematika Indonesia dan Australia. Kurikulum Australia disusun dalam Australian Curriculum, Assessment and Reporting Authority (ACARA) dan Indonesia sedang dalam masa peralihan dari Kurikulum 2013 ke Kurikulum Merdeka Belajar. Secara umum materi pembelajaran matematika pada tingkat sekolah dasar dari kedua negara yaitu bilangan, aljabar, pengukuran, ruang, statistik, dan peluang. Perbedaannya adalah pada struktur kurikulum serta cakupan konten dari masing-masing materi, kedalaman, dan pengalaman belajar. Di antara kelebihan kurikulum Australia yang dapat ditauladani oleh Indonesia adalah pada aspek memenuhi kebutuhan peserta didik dengan pengalaman yang relevan, kontemporer dan menarik. Selanjutnya juga pada aspek sajiannya yang lebih lengkap karena diperkaya melalui pengembangan konten yang dipertimbangkan dan terfokus secara alami, serta menawarkan kesempatan untuk menambah kedalaman dan keluasan pembelajaran dalam elaborasi konten.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

cendekia

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika is a journal on mathematics Education. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika (JC) is under the auspices of the Faculty of Education, Mathematics Education Program of the Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. The journal is registered with E-ISSN: ...