Kemampuan pemecahan masalah merupakan kemampuan penting yang harus dimiliki oleh mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematika mahasiswa dalam menyelesaikan soal pada mata kuliah analisis real. Metode penelitian yang digunakan yaitu ex post facto dengan subjek penelitian mahasiswa semester 2 Program Studi S2 Pendidikan Matematika FKIP UNIB TA 2022/2023 yang berjumlah 6 orang. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar tes kemampuan pemecahan masalah dan pedoman penskoran dengan tahapan Polya. Analisis data dilakukan dengan menghitung nilai kemampuan pemecahan masalah (KPM) matematika dan menganalisis jawaban mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika mahasiswa pada mata kuliah analisis real berada pada kategori baik dengan nilai rata-rata 82,6. Nilai rata-rata untuk setiap tahapan pemecahan masalah menurut Polya yaitu P1=86,67, P2=84,33, P3=83,67, dan P4=73,67. Artinya secara umum mahasiswa dapat memahami masalah dengan sangat baik, serta dapat merencanakan penyelesaian, melaksanakan rencana pemecahan masalah dan memeriksa kembali jawaban yang telah di dapat dengan kategori baik.
Copyrights © 2023