Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 8 No 1 (2024): Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika Volume 8 Nomor 1

Pengaruh Model Pembelajaran PjBL (Project Based Learning) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa

Waruwu, Defitriani (Unknown)
Lase, Rama'eli (Unknown)
Zega, Yulisman (Unknown)
Mendrofa, Ratna Natalia (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2023

Abstract

Salah satu permasalahan pada pembelajaran matematika di SMP Negeri 1 Onohazumba yakni kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang masih kurang. Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran PjBL (Project Based Learning) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa Kelas VIII di SMP Negeri 1 Onohazumba. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen semu (quasi exsperimen design).Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes tertulis dalam bentuk tes uraian dan terdiri dari tes awal dan tes akhir. Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata nilai tes awal yang diperoleh kelas eksperimen 36,87 (kategori kurang) dan kelas kontrol 36,84 (kategori kurang). Sedangkan rata-rata nilai tes akhir yang diperoleh kelas eksperimen 74,37 (kategori baik) dan kelas kontrol 54,56 (kategori cukup). Dari hasil penelitian yang diperoleh berdasarkan uji hipotesis, yaitu thitung = 6,693 dan ttabel = 1, 680. Karena thitung = 6,693 > = 1,680, maka tolak H0 terima Ha yang berarti “Terdapat pengaruh model pembelajaran PJBL (Project Based Learning) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa”.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

cendekia

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika is a journal on mathematics Education. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika (JC) is under the auspices of the Faculty of Education, Mathematics Education Program of the Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. The journal is registered with E-ISSN: ...